1.21.2013

Hardware Komputer : Perangkat Input (Bagian 1)

Konfigurasi komputer merupakan komponen-komponen perangkat (devices) penyusun terbentuknya sebuah komputer. Secara garis besar komputer disusun atas perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Hardware merupakan perangkat yang secara fisik ada, dapat dilihat dan dipegang. Sedangkan perangkat lunak adalah perangkat yang sifatnya abstrak yaitu berupa program atau data untuk membangkitkan hardware komputer. Tanpa software, komputer adalah rongsokan elektronik, jadi komputer adalah susunan atas hardware dan software yang saling bekerja sama.
 

Hardware komputer secara fungsional dibedakan menjadi empat macam perangkat, yaitu :
  • Perangkat masukan (input device),
  • Perangkat proses (process device),
  • Perangkat keluaran (output device), dan 
  • Perangkat penyimpan (memory/storage device).
Biasanya perangkat-hardware tersebut akan dilengkapi dengan hardware pendukung untuk multimedia dan jaringan.  Agar dapat  berkomunikasi atau berinteraksi antara satu dengan yang lainnya, semua perangkat tersebut harus saling terintegrasi antarbagian dengan perantara program yang telah diseiapkan untuk melakukan komunikasi.
Nah, untuk postingan kali ini saya akan membahas tentang Perangkat Input (input device).
Perangkat Input merupakan peralatan yang dapat digunakan untuk menerima data yang akan diolah ke dalam komputer.  Perangkat ini yang digunakan oleh pengguna untuk melakukan interaksi dengan komputer agar komputer melaksanakan perintah yang diberikan oleh penggunanya.  Prinsip kerja yang dilakukan perangkat input adalah merubah perintah yang dapat dipahami oleh manusia kepada bentuk yang dipahami oleh komputer (machine readable form), ini berarti mengubahkan perintah dalam bentuk yang dipahami oleh manusia kepada  data yang dimengerti oleh komputer yaitu dengan kode-kode biner (binary encoded information).
Input merupakan energi yang dimasukkan ke dalam suatu sistem, yang dapat berupa signal input atau maintenance inputSignal input adalah energi yang akan diolah oleh sistem, berupa data yang dimasukkan ke sistem komputer.  Sedangkan maintenance input adalah energi yang akan digunakan untuk mengolah signal input, berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.  Sehingga perangkat input selain untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.
Beberapa perangkat input memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai perangkat input sendiri dan sebagai alat output untuk menampilkan hasil.  Alat input-output yang demikian disebut sebagai terminal.  Bila terminal dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh dari terminal melalui alat komunikasi misalnya kabel atau telekomunikasi, maka disebut dengan nama Remote Job Entry (RJE), atau Remote Batch Terminal.  Terminal dapat digolongkan menjadi nonintelegent terminal, smart terminal, dan intelegent terminal.
  • Nonintelegent terminal terbatas berfungsi sebagai alat masukan input dan penampilan output saja, dia tidak bisa diprogram karena tidak memiliki prosesor, sehingga sering disebut sebagai dump terminal.  Contohnya adalah teleprinter terminal, yaitu terminal yang memiliki keyboard untuk memasukkan input dan alat pencetak untuk menampilkan hasil.
  • Smart terminal yaitu terminal yang memiliki mikroprosesor dan beberapa memori internal didalamnya.  Dengan smart terminal input yang sudah terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali, namun tidak bisa diprogram oleh pengguna komputer.
  • Intelegent terminal atau disebut juga logic terminal atau programmer terminal, karena dapat diprogram oleh pemakai komputer.  Input data yang dimasukkan ke terminal ini akan dikoreksi kembali jika terjadi kesalahan, dan akan dikembalikan atau dikirim kembali kepusat komputer untuk dilakukan proses kembali.  Model ini biasanya berupa sistem komputer yang berbentuk jaringan, dimana setiap terminal berupa komputer (PC) lengkap yaitu monitor, CPU, keyboard, memori internal, dan simpanan luar (storage).

Related posts

Description: Hardware Komputer : Perangkat Input (Bagian 1) Rating: 4.5 Reviewer: Tedy ItemReviewed: Hardware Komputer : Perangkat Input (Bagian 1)
Al
Mbah Qopet Updated at: 12.07.00

0 komentar:

Posting Komentar