Variabel pada program Pascal lebih dikenal dengan nama parameter. Parameter dapat berupa parameter lokal dan dapat berupa parameter global.
Parameter lokal adalah parameter yang hanya bisa digunakan untuk proses pada procedure yang bersangkutan.
Parameter global adalah paramater yang dapat digunakan untuk semua blok program yang ada sesudahnya dan pada procedure yang bersangkutan.
Contoh pendeklarasian parameter pada procedure.
Procedure Satu;
var a:integer;
begin
End;
var x:longint;
procedure dua;
var b:integer;
begin
end;
var p,q:longint;
begin
.......
.......
End.
Keterangan :
var a dan var b adalah variabel lokal pada procedure satu dan dua. var a hanya bisa digunakan untuk proses yang ada pada procedure satu, sedangkan var b hanya dapat digunakan untuk proses pada procedure dua.
var x adalah variabel yang bersifat global untuk procedure dua dan program utama. Jadi var x dapat digunakan untuk proses baik pada procedure dua maupun pada program utama, tetapi tidak bisa digunakan untuk proses pada procedure satu.
var p,q adalah var yang hanya dapat digunakan pada program utama saja.
Contoh kasus
buat program untuk menghitung luas suatu bangun dengan output sebagai berikut
Program Menghitung Luas Bangun
Bujur Sangkar dan Segitiga Siku-Siku
1. Luas Bujur Sangkar
2. Luas Segitiga Siku-Siku
3. Selesai.
Input Pilihan [1...3] :
Mencari Luas Bujur Sangkar
Input Panjang Sisi :
Luas Bujur Sangkar Adalah :
Tekan Enter untuk melanjutkan
Mencari Luas Segitiga Siku-Siku
Input Panjang Alas :
Input Tinggi Segitiga :
Luas Segitiga Adalah :
Tekan Enter untuk melanjutkan
gotoxy(25,16);write('Input Panjang Sisi : ');
gotoxy(25,17);write('Luas Persegi Panjang adalah = ');
gotoxy(55,16);readln(sisi);
luas:=sisi*sisi;
gotoxy(55,17);write(luas:1:1);
repeat until keypressed;
Procedure siku_siku;
var alas,tinggi:integer;
begin
clrscr;
gotoxy(25,2);write('Mencari Luas Segitiga Siku-Siku');
gotoxy(25,3);write('Input Alas = ');
gotoxy(25,4);write('Input Tinggi = ');
gotoxy(25,5);write('Luasnya adalah = ');
gotoxy(42,3);readln(alas);
gotoxy(42,4);readln(tinggi);
luas:=0.5*alas*tinggi;
gotoxy(42,5);write(luas:1:1);
repeat until keypressed;
end;
begin
clrscr;
gotoxy(25,10);write('Menu Program Menghitung Luas');
gotoxy(25,11);write('Bujur Sangkar dan Siku');
gotoxy(25,12);write('1. Luas Bujur Sangkar');
gotoxy(25,13);write('2. Siku-Siku');
gotoxy(25,14);write('3. Keluar');
gotoxy(25,15);write('Inputkan Pilihan [1...3] = ');
gotoxy(50,15);readln(pil);
if pil=1 then
begin
bujur_sangkar;
end
else
if pil=2 then
begin
siku_siku;
end;
end.
Keterangan Program
Pada program diatas var pil dan luas bersifat global untuk semua blok program.
var sisi bersifat loka untuk procedure bujur_sangkar
var alas,tinggi bersifat lokal untuk procedure siku_siku.
selamat mencoba.
{Program Pascal}
var pil : integer;
luas : real;
Procedure bujur_sangkar;
var sisi:integer;
Begin
clrscr;
gotoxy(25,15);write('Mencari Luas Bujur Sangkar');gotoxy(25,16);write('Input Panjang Sisi : ');
gotoxy(25,17);write('Luas Persegi Panjang adalah = ');
gotoxy(55,16);readln(sisi);
luas:=sisi*sisi;
gotoxy(55,17);write(luas:1:1);
repeat until keypressed;
Procedure siku_siku;
var alas,tinggi:integer;
begin
clrscr;
gotoxy(25,2);write('Mencari Luas Segitiga Siku-Siku');
gotoxy(25,3);write('Input Alas = ');
gotoxy(25,4);write('Input Tinggi = ');
gotoxy(25,5);write('Luasnya adalah = ');
gotoxy(42,3);readln(alas);
gotoxy(42,4);readln(tinggi);
luas:=0.5*alas*tinggi;
gotoxy(42,5);write(luas:1:1);
repeat until keypressed;
end;
begin
clrscr;
gotoxy(25,10);write('Menu Program Menghitung Luas');
gotoxy(25,11);write('Bujur Sangkar dan Siku');
gotoxy(25,12);write('1. Luas Bujur Sangkar');
gotoxy(25,13);write('2. Siku-Siku');
gotoxy(25,14);write('3. Keluar');
gotoxy(25,15);write('Inputkan Pilihan [1...3] = ');
gotoxy(50,15);readln(pil);
if pil=1 then
begin
bujur_sangkar;
end
else
if pil=2 then
begin
siku_siku;
end;
end.
Keterangan Program
Pada program diatas var pil dan luas bersifat global untuk semua blok program.
var sisi bersifat loka untuk procedure bujur_sangkar
var alas,tinggi bersifat lokal untuk procedure siku_siku.
selamat mencoba.
Related posts
algoritma
pascal
Sistem Informasi
Komputer
- Array
- Database (bagian 1)
- Hardware Komputer : Perangkat Pemroses (CPU)
- Hardwaer Komputer : Perangkat Output
- Hardware Komputer : Perangkat Input (Bagian 2)
- Hardware Komputer : Perangkat Input (Bagian 1)
- Belajar Pascal : Program Pascal Sederhana
- Type Data
- Sturktur Perulangan while/do
- Logika Percabangan (part 4)
- Logika Percabangan (Part 3)
- Logika Percabangan (Part 2)
- Logika Percabangan
- Belajar Algoritma
- Aulia Education Centre (AEC)
Pendidikan
- Array
- Database (bagian 1)
- Hardware Komputer : Perangkat Pemroses (CPU)
- Hardware Komputer : Perangkat Input (Bagian 2)
- Hardware Komputer : Perangkat Input (Bagian 1)
- Belajar Pascal : Program Pascal Sederhana
- Type Data
- Sturktur Perulangan while/do
- Logika Percabangan (part 4)
- Logika Percabangan (Part 3)
- Logika Percabangan (Part 2)
- Cara Berterima Kasih Kepada Ibu
- Aku ingin menjadi orang yang bertepuk di tepi jalan
- Pertanyaan Anak yang Paling Ditakuti Orang tua
- Aulia Education Centre (AEC)
turbo pascal
Tips
- Array
- Procedure
- Hardware Komputer : Perangkat Input (Bagian 2)
- Hardware Komputer : Perangkat Input (Bagian 1)
- Belajar Pascal : Program Pascal Sederhana
- Sturktur Perulangan while/do
- Logika Percabangan (part 4)
- Logika Percabangan (Part 2)
- Pertanyaan Anak yang Paling Ditakuti Orang tua
- Kiat Mengatasi Anak Pemalu
sturktur data
umum
- Array
- Database (bagian 1)
- Procedure
- Hardware Komputer : Perangkat Input (Bagian 1)
- Belajar Pascal : Program Pascal Sederhana
- Type Data
- Sturktur Perulangan while/do
- Logika Percabangan (part 4)
- Logika Percabangan (Part 3)
- Logika Percabangan (Part 2)
- Belajar Algoritma
- Cara Berterima Kasih Kepada Ibu
- Aku ingin menjadi orang yang bertepuk di tepi jalan
- Pertanyaan Anak yang Paling Ditakuti Orang tua
- Kisah Uang
- Aulia Education Centre (AEC)
- Fun Photo Box
- blanksomnia
- T 10
- Horeeee, Award Lagi
- Silaturrahmi
- Puasa dan Award
- Istimewanya Wanita Islam
- Lagu Perjuangan
Bimbingan Belajar
0 komentar:
Posting Komentar