5.21.2008

Membesuk orang sakit

Pada prinsipnya tidak ada seorangpun ingin sakit. Tetapi tidak mungkin seseorang terlepas dari sakit, walau sebatas sakit gigi. Lalu, bagaimana sikap kita ketika membesuk kerabat, atau kenalan yang sedang sakit. Membesuk atau mengunjungi kerabat yang sakit, sangat dianjurkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membesuk orang yang sakit adalah :

  1. Ucapkan salam kepada si sakit, disertai senyum sambil menjabat tangannya. Datanglah pada jam besuk untuk menghindari saat kontrol dokter terhadap pasien.
  2. Jika hendak membawa buah-buahan, tentu jenis buah yang diperbolehkan menurut dokter atau perawat.
  3. Apabila kondisi pasien dalam kontrol belum boleh diajak bicara, janganlah mencoba untuk memaksa keadaan untuk bicara.
  4. Membawa bacaan, koran atau majalah tidak dilarang untuk pasien. Tetapi pilihlah jenis yang ringan-ringan saja tanpa membenbani pikiran si sakit.
  5. Dalam percakapan usahakan tidak menyinggung penyakit yang dideritanya. Bicarakan yang enteng-enteng saja. Yang jelas bisa membuat si sakit senang, terlepas dari sebuah beban yang selama ini mengganjal pikirannya.
  6. Jangan mengandai-andai penyakit yang diderita pasien. Hal itu akan menambah beban psikologis bagi dirinya.
  7. Sebaiknya membesuk tidak membawa anak-anak, sebab terkadang mereka suka rewel dan akan mengganggu ketenangan ruangan.
  8. Jangan disamaratakan penyakit yang sedang di derita dengan orang lain yang sama keluhannya.
  9. Menyamaratakan, terlebih mengatakan seorang kenalan dengan penyakit yang sama, tak lama di opname meninggal dunia.
  10. Sebaiknya kita mensugesti, bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama akan segera sembuh dan berdo'a semoga Allah membuka jalan kesembuhan baginya.
Kesimpulannya, kedatangan membesuk tidak lain untuk membagi rasa, derita yang sedang ditanggung oleh si sakit. Tunjukkan rasa gembira atas kunjungan dan mengatakan lain kali akan datang lagi.


Related posts

Description: Membesuk orang sakit Rating: 4.5 Reviewer: Tedy ItemReviewed: Membesuk orang sakit
Al
Mbah Qopet Updated at: 11.08.00

4 komentar:

  1. datang juga dan mampir..

    serta menjenguk.. (he..3x)

    BalasHapus
  2. Bisa kacau kali ya, kalau besuk orang sakit langsung bawa kain kafan, surat yasin, bisa meninggal beneran tuh orang?!!!!

    BalasHapus
  3. wahh bagus neh tipsnya..cara menziarahi org sakit..

    BalasHapus
  4. menziarahi orang sakit dengan cara yang betul boleh memberi sedikit semangat pada pesakit.

    terima kasih berkongsi tips menziarahi pesakit.

    BalasHapus