1.22.2013

Hardware Komputer : Perangkat Input (Bagian 2)

Kali ini saya menyambung postingan sebelumnya tentang Hardware Komputer : Perangkat Input (Bagian 1).
Perangkat input dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu perangkat input langsung dan perangkat input tidak langsung. Perangkat input langsung adalah input yang dimasukkan langsung diproses oleh CPU, tanpa media lain. Sedangkan perangkat input tidak langsung yaitu input yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media yang berbentuk simpanan luar (external memory), contohnya pita magnetik (magnetic tape), disk magnetik (magnetic disk), atau kartu plong (punch card).
Contoh perangkat input langsung adalah keyaboard, mouse, joystick, scanner, card reader, MICR (magnetic ink character regocnition), touch screen, light pen, mikrofon, UPC (universal product code), financial transaction terminal, mouse, digitizer graphics tablet, teleprinter terminal, point of sale terminal, visual display terminal, pointing device, optical data reader, sensor, digitizing camera, key to card, key to tape key to disk.  Diantara perangkat tadi akan diambil beberapa contoh saja :


1.  KeyBoard
Merupakan sekumpulan tombol yang tersusun pada suatu tempat seperti mesin ketik yang umumnya mempunyai 85 hingga 120 tombol yang terdiri atas huruf, angka, simbol atau biasa dinamakan karakter khusus (@,$,%,! . . . ., dsb) serta tombol-tombol fungsi (F1,F2,......,F12).  Jumlah tombol pada PC berbeda-beda tergantung pada PC yang digunakan.  PC desktop biasanya memiliki 101, 104,110, atau 118 tombol.  Sedangkan notebook atau laptop, jumlah tombolnya bisa semakin sedikit karena mempunyai ruang yang lebih kecil.
Beberapa alat input lain yang menggunakan keyboard untuk memasukkan input secara langsung adalah teleprinter terminal, financial transaction terminal, point-of-sale, dan visual display terminal yang memiliki tombol dengan fungsi khusus dibanding tombol keyboard pada PC.  Teleprinter terminal merupakan perangkat yang terdiri dari keyboard sekaligus alat cetaknya.  Financial transaction terminal digunakan untuk transaksi yang berhubungan dengan keuangan, fungsi yang lain adalah untuk Elektronic Fund Transfer (EFT) dengan menggunakan Automated Teller Machine (ATM).  Untuk menggunakan mesin ATM selain memanfaatkan perangkat kartu gesek (rub card) juga harus memasukkan kode-kode melalui keyboard yang ada.
 
2.  Mouse
Merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data dengan cara menekan tombol klik.  Perangkat yang didesain sesuai dengan bentuk lekukan tangan ini umumnya memiliki dua tombol klik utama yaitu klik kiri dan klik kanan,  yang dibawah atau dibaliknya terdapat bola kecil yang digunakan untuk menggerakkan pointer.  Mouse biasanya digunakan diatas permukaan yang rata. 
Ada tiga tipe dasar mouse :
  • Mekanis : memiliki bola karet di dalam sisi bawah mouse dan berotasi ke segala arah.  Sensor mekanisnya mendeteksi gerakan bola lalu sensornya mengirimkan sinyal untuk menggerakkan kursor pada layar.
  • Optomekanis : sama seperti mouse mekanis yang baru, dan ada yang menggunakan sensor optik untuk mendeteksi gerakan bola.
  • Optik : mouse ini menggunakan laser untuk mendeteksi gerakan mouse dan memiliki LED.  Tidak ada bola mouse dan gerakkan mekanis.  Mouse optik harus digerakkan di atas permukaan rata atau alas tertentu dengan jaringan yang dapat dibaca mouse.
3.  Lightpen
Alat ini digunakan dengan cara menunjuk ujung alat ke monitor komputer yang peka kepada cahaya.  Apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka satu isyarat elektronik akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh program tersebut.

4.  Joystick
Merupakan tongkat yang digunaan untuk menggerakkan kursor.  Ini dilakukan dengan memegang tongkat yang dapat diputar sampai dengan 360 derajat.  Biasanya digunakan untuk permainan video games.
 
5.  Touch Screen
Difungsikan dengan cara menyentuh layar monitor atau bantalan untuk merespons objek program.

6.  Mikrofon
Merupakan alat input dengan cara mengeluarkan suara, ini biasanya untuk aplikasi multimedia atau lebih populer untuk keperluan audio.  Mikrofon alat input untuk memasukkan suara dari sumber suara ke komputer.

7.  Scanner
Merupakan suatu alat yang berfungis seperti mesin fotokopi, yaitu dengan cara memasukkan data melalui pencahayaan dan selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk digital.

8.  Trackball
Merupakan perangkat penunjuk seperti mouse, namun terdapat bola yang digunakan untuk menggerakkan kursor diatasnya.

9.  Kamera
Saat ini perangkat input yang sedang banyak digunakan adalah menggunakan kamera baik kamera video yang datanya berjenis analog dan nantinya bisa dikonversi menjadi data digital, maupun kamera digital yang bisa langsung menjadi data digital, maupun kamera digital yang datanya bisa langsung berjenis digital.
demikian perangkat masukan (input device), insyaAllah nanti kita lanjutkan dengan perangkat keluaran (output device).

Related posts

Description: Hardware Komputer : Perangkat Input (Bagian 2) Rating: 4.5 Reviewer: Tedy ItemReviewed: Hardware Komputer : Perangkat Input (Bagian 2)
Al
Mbah Qopet Updated at: 13.53.00

0 komentar:

Poskan Komentar