1.23.2013

Hardwaer Komputer : Perangkat Output

Perangkat output atau keluaran merupakan perangkat yang dipakai untuk menampilkan hasil proses. Contohnya seperti layar monitor, printer, plotter, display card, dan speaker. Perangkat output (output device) merupakan perangkat keluaran yang terdiri dari alat-alat yang menerjemahkan perintah yang telah diproses oleh komputer yang dimengerti manusia. Data-data atau perintah yang diproses komputer biasanya dalam bentuk biner yang diwakili oleh angka 0 dan 1 yang diterjemahkan kedalam bentuk yang lebih dipahami dan berguna oleh manusia. Terdapat 2 jenis perangkat output yang utama yaitu bersifat softcopy misalnya monitor dan audio, dan hardcopy seperti printer dan plotter.
 
Berikut ini pembahasan dari beberapa contoh output device :

1.  Monitor (Layar Tampilan)
Terdapat 2 jenis unit layar tampilan yang biasa digunakan pada komputer :
  • Layar monitor kristal cair (liquid crystal display - LCD), yang kebanyakan digunakan pada notebook, namun saat ini sudah mulai dipakai utk PC.  Terdapat dua jenis LCD :
    • Jenis LCD biasa, berteknologi model penyinaran belakang (backlit) dan penyinaran samping (sidelite).
    • LCD TFT (thin-film transistor) atau matriks aktif, setiap piksel dikendalikan oleh satu transistor.
  • Layar monitor tabung atau CRT (Cathode Ray Tube) bentuknya seperti layar televisi.  Monitor CRT Jenisnya monokrom dan warna.  Pada jenis monokrom, warna yang paling populer adalah hijau, kuning, dan putih.  Sedangkan pada jenis warna, wanra monitor ditentukan oleh warna fosfor pada layar CRT.  Monochrone memiliki fosfor warna putih.  Sedangkan monitor warna menggunakan gabungan tiga fosfor warna yaitu merah, hijau dan biru (Red, Green, Blue - RGB).  Gabungan tiga fosfor membentuk satu piksel, maka terdapat tiga pancaran bagi tiga warna yang menembak dengan kekuatan-kekuatan lain untuk membentuk warna yang berlainan.
Kedua jenis monitor tersebut warnanya dapat terdiri dari satu warna (monochrome) maupun monitor yang berwarna (RGB).  Ukuran monitor diproduksi dalam berbagai ukuran, namun yang biasa digunakan adalah ukuran 14", 15", 17", 19", dan 21".  Resolusi grafik atau teks yang dihasilkan tergantung pada keluasan dan jumlah bilangan titik (pixel) yang ada pada layar monitor itu sendiri.
Terdapat berbagai standar dalam kualitas gambar yang didasarkan pada resolusi seperi :
  • CGA (Colour Graphics Adapter) - 640 x 200 pixel.
  • EGA (Enhanced Graphics Adapter) - 640 x 480 pixel.
  • VGA (Video Graphics Array) - 640 x 480 pixel.
  • SVGA (Super Video Graphics Array) - 800 x 600 dan 1024 x 768 pixel.
  • XGA (Extended Graphics Array) - 2048 x 2048 pixel.
Jadi, semakin besar resolusi sebuah monitor maka semakin halus dan bagus kualitas gambar atau tampilan yang dihasilkan.
Jenis output lain yang menyerupai monitor adalah infocus, yang biasanya ditampilkan pada media yang lebih besar seperti whiteboard, atau dinding.

2.  Printer dan Plotter.
Printer dan Plotter merupakan perangkat pencetak yang bersifat hardcopy dimana cetakan dihasilkan dari hasil pemrosesan komputer dan input dari penggunannya.  Jenis cetakan dalam bentuk kertas bercetak, transparansi ataupun "wax thermal paper".
terdapat tiga macam jenis printer :
  • Printer dot-matrik, printer ini mempunyai pengetuk-pengetuk kecil berbentuk titik yang dinamai pin.  Meskipun kualitas hasil kurang bagus, namun kelebihan printer ini adalah sekaligus dapat mencetak pada kertas lebih dari satu pada kertas karbon.
  • Printer tinta, bekerja dengan cara menyemprotkan atau menyemburkan tinta yang ada di dalam catridge keatas kertas.  Hasil cetakan akan lebih baik daripada printer dot-matrik karena lebih halus.  Namun hasil semprotan kertas juga tergantung pada kualitas tinta dan printer yang digunakan.  Hasil yang kurang bagus akan menjadikan semprotan pada kertas tidak cepat kering dan bisa menimbulkan noda pada kertas.
  • Printer laser, bekerja seperti mesin fotokotpi yang menyemprotkan serbuk tinta dengan model pencahayaan, dan kualitas hasil printer laser paling bagus namun harga printer dan serbuk tintanya juga paling mahal.
Plotter sebenarnya hampir sama dengan printer, namun biasanya digunakan untuk mencetak gambar, grafik, desain teknik yang ukurannya besar.

Related posts

Description: Hardwaer Komputer : Perangkat Output Rating: 4.5 Reviewer: Tedy ItemReviewed: Hardwaer Komputer : Perangkat Output
Al
Mbah Qopet Updated at: 10.28.00

2 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak atas infonya

    BalasHapus