6.30.2008

Kiat Mengatasi Anak Pemalu

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu mengatasi rasa malu pada anak-anak. Pertama, sebaiknya orang tua tidak mengolok-olok atau membicarakan sifat pemalu anak didepannya, karena anak merasa tidak diterima sebagaimana adanya.

Kedua, ketahui kesukaan dan potensi anak. Lalu, doronglah anak untuk berani melakukan hal tertentu, melalui hobi dan potensi diri. Misalnya, anak usia suka main mobil-mobilan, ketika ditoko ia ingin mobil merah, sementara yang tersedia warna biru. Maka, anak bisa didorong untuk mengatakan pada pelayan bahwa ia menginginkan warna merah.

Ketiga, sebaiknya orang tua secara rutin mengajak anak berkunjung kerumah teman, tetangga, kerabat, dan bermain disana. Kunjungan sebaiknya dilakukan pada teman-teman yang berbeda. Selain secara rutin berkunjug, sebiknya juga mengundang anak-anak tetangga atau teman-teman sekolah untuk bermain di rumah.

Keempat, lakukan role-playing bersama anak. Misalnya, seperti contoh kedua, anak belum tentu berani berbicara pada pelayan toko, sekalipun didampingi orang tuanya. Maka, ketika berada dirumah, orang tua dan anak bisa bermain peran seolah-olah sedang berada ditoko dan anak pura-pura berbicara dengan pelayan. Role-playing dapat dilakukan pada berbagai situasi, berpura-pura di toko, berpura-pura di sekolah, berpura-pura ada di panggung, dan lainnya.

Kelima, jadilah contoh buat anak. Orang tua tidak hanya mendorong anak untuk percaya diri, tetapi juga menjadi model dari perilaku yang percaya diri. Anak biasanya mengamati dan belajar dari perilaku orangtuanya sendiri.

Apapun usaha yang dilakukan, sebiaknya orang tua tetap mendampingi dan tidak langsung melepas anak seorang diri. Misalnya, ketika diminta berbicara pada pelayan toko, orang tua berada disamping anak, atau ketika mengajak main ke rumah temannya, orang tua tetap berada di rumah temannya itu. Anak bisa dibiarkan melakukan aktivitas seorang diri, jika rasa percaya dirinya sudah berkembang.


Related posts

Description: Kiat Mengatasi Anak Pemalu Rating: 4.5 Reviewer: Tedy ItemReviewed: Kiat Mengatasi Anak Pemalu
Al
Mbah Qopet Updated at: 19.09.00

17 komentar:

  1. Terimakasih terlah berbagi saran. Kebetulan anakku jago kandang. Kalau di depan umum, pemalu.

    BalasHapus
  2. tips yang menarik.... bisa jadi patokan nih... hehe

    BalasHapus
  3. sip sip nih tipsnya. bs dipraktekkan utk anak2 kita nanti ya pak ted, hehehe... :D

    BalasHapus
  4. tips bagus nie.., bisa dipraktekin dah ntar kalo udah punya anak

    BalasHapus
  5. belum punya anak nih.
    tapi boleh juga tuh postingnya ...

    BalasHapus
  6. Walaupun belum married but artikel nya bisa jadi referensi nantinya..thanks

    BalasHapus
  7. bagus neh postingannnya...anakku dalam segala hal dia gak pemalu yahhh ,sampe ngobrolpun dia gak merasa malu even dalam bhs inggris...yang dia merasa malu kalo ngedot di depan temen2nya coz dia merasa udah besar...hehehe

    BalasHapus
  8. kiat yang bermanfaat sekali...
    kiat2 yang laen mau dunk..

    BalasHapus
  9. Bagus... kadang-kadang orang tua jarang sekali memperhatikan hal yang kecil seperti itu... Maunya orang tua anaknya jadi pinter nurut gak nakal dsb dsb... Padahal guru pertama anak2 kan orang tua... So kewajiban orang tualah untuk ngajarkan itu semua ke anak2 mereka.... (sok wise)

    BalasHapus
  10. Nah loh... dihimbau bagi para blogger yang udah jadi parent... dibaca baik2 tips nya.. Bagus banget tuh...

    BalasHapus
  11. bagus nih artikelnya..bermanfaat buat para orang tua yg punya anak pemalu... thanks yaa..

    BalasHapus
  12. mmmm nice tips ... boleh juga tuh kalo ada anak pemalu ... tapi bener, tips2 itu biar anak makin percaya diri. begituu?
    gw aslinya agak pemalu juga sih :p

    BalasHapus
  13. Aku juga pernah mas punya keponakan pemalu banget. Sampai usia 4 tahun masih pemalu banget. Hanya bisa nempel ama ortu aja, orang lain kagak. Tapi dibiarin sekarang malah nakalnya minta ampun..

    BalasHapus
  14. mike mampir lagi..lama ga maen ksini..;)

    BalasHapus
  15. tipsnya sangat membantu banget nich :)

    BalasHapus
  16. tipnya boleh jg nei...

    BalasHapus